• PPI 31 BANJARAN
  • Satu Rasa, Satu Usaha, Satu Hati, Satu Sejiwa

Sejarah Singkat

Pesantren Persatuan Islam 31 Banjaran tidak terlepas dari perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan Persatuan Islam (disingkat PERSIS) sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia. Persis didirikan pada 12 September 1923 di Bandung oleh sekelompok Islam yang berminat dalam pendidikan dan aktivitas keagamaan yang dipimpin oleh Haji Zamzam dan Haji Muhammad Yunus. Persis didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman Islam yang sesuai dengan aslinya yang dibawa oleh Rasulullah Saw dan memberikan pandangan berbeda dari pemahaman Islam tradisional yang dianggap sudah tidak orisinil karena bercampur dengan budaya lokal, sikap taklid buta, sikap tidak kritis, dan tidak mau menggali Islam lebih dalam dengan membuka Kitab-kitab Hadits yang shahih. Oleh karena itu, lewat para ulamanya seperti Ahmad Hassan yang juga dikenal dengan Hassan Bandung atau Hassan Bangil, Persis mengenalkan Islam yang hanya bersumber dari Al-Quran dan Hadits (sabda Nabi). Organisasi Persatuan Islam telah tersebar di banyak provinsi antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Gorontalo, dan masih banyak provinsi lain yang sedang dalam proses perintisan. Persis bukan organisasi keagamaan yang berorientasi politik namun lebih fokus terhadap Pendidikan Islam dan Dakwah dan berusaha menegakkan ajaran Islam secara utuh tanpa dicampuri khurafat, syirik, dan bid’ah yang telah banyak menyebar di kalangan awwam orang Islam. Sumber: https://persis.or.id/page/sejarah

Tentunya diselenggarakan Pesantren Persatuan Islam ini, sebagai pencetak kader-kader Persatuan Islam di masa yang akan datang. Dari misi inilah, Persatuan Islam merancang kurikulum dan bahan pengajaran tersendiri berbeda dengan kaum tradisionalis dalam menyesuaikan jiwa jamannya ketika itu. Di samping itu, Hubungan kiai dan santrinya yang berbeda dengan pesantren-pesantren tradisional. Seluruh keunikan itu terbingkai dalam masa penjajahan Hindia Belanda dan masa pendudukan Jepang. Sumber: http://khazanahfikiranku.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-pesantren-persatuan-islam.html  

Pesantren Persatuan Islam 31 Banjaran hadir awal mulanya di sekolah agama non formal madrasah ibtidaiyyah dibawah bidang garapan pendidikan Pimpinan Cabang PERSIS Banjaran yang pelaksanaanya diadakan selepas pulang sekolah dasar seiring dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan zaman, maka disepakati tahun 1994 mendirikan lembaga pendidikan formal di tingkat Madrasah Tsanawiyah Banjaran. 

 

Madrasah Tsanawiyyah (MTs) PERSIS Banjaran

Madrasah Tsanawiyah Persis Banjaran (MTs. Persis) berdiri sejak tahun 1994 sampai sekarang. Pendirian MTs. Persis ini merupakan jawaban dari usulan/kebutuhan umat terhadap keinginan pendidikan yang seimbang antara pelajaran umu dan agama. Dalam perjalanannya tentu bukan sebuah hal yang mudah, banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dihadapi apalagi dalam menghadapi era globalisasi.

Menyambut era keterbukaan / transparansi  dengan paradigma baru yang bertumpu pada kehidupan yang demokratis menuju masyarakat madani, MTs Persis Banjaran pada usia yang cukup (24 tahun), siap membangun bangsa yang Berprestasi.  Walau jaman selalu menantang  dengan teknologi yang begitu pesat dari detik demi detik, kemampuan yang sangat terbatas, sarana yang sangat minim,  MTs Persis Banjaran masih eksis ikut serta  bersuara demi Kabupaten Bandung.  Alhamdulillah  Allah  tetap memberikan lindungan-Nya sehingga sampai saat ini masih dipercaya menjadi lembaga pendidikan anak-anak kita. Hal ini terjadi karena berkat dukungan moril maupun material dari segenap komponen pemerintah dan masyarakat kabupaten Bandung.

MTs Persis Banjaran tidak ingin berjalan seadanya, tapi kami ingin lebih maju lagi sehingga sejuta harapan masyarakat akan terpenuhi. Setiap perubahan jaman akan mengubah sikap dan kemauan untuk menyelaraskan diri dengan kemajuan.  Wajah yang ketuarentaan ingin tampil lebih gentle.  Keterbatasan berubah menjadi ketercukupan. Walau sebenarnya tidak ingin menghapus sejarah / asal-usulnya.  Hanya yang menjadi kebanggaan adalah perubahan demi perubahan menjadi catatan sejarah  yang tertulis dengan tinta emas di hati masyarakat.

 

Madrasah Aliyah (MA) PERSIS 31 Banjaran

MA PERSIS 31 Banjaran sebagai bagian dari dunia pendidikan yang berada di Indonesia umumnya dan khususnya di desa Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Sebagai salah satu bentuk dan wujud kepedulian Persatuan Islam (PERSIS) terhadap dunia pendidikan. Khususnya madrasah ALIYAH maka dibentuklah MA PERSIS 31 Banjaran pada tahun 2008.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin cenderung membuat orang semakin sibuk dalam mengupayakan urusan duniawi. Mereka seolah-olah melupakan kebutuhan manusia yang paling utama yaitu kebutuhan akan pendidikan agama yang akan menjamin kebahagiaan dunia maupun akhirat. Hal ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja, bahkan dampaknya ke daerah-daerah pedesaan sudah semakin terasa. Oleh karena itu, madrasah ALIYAH khususnya MA PERSIS 31 Banjaran merupakan alternatif/pilihan bagi masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya setelah tamat SMP/MTS, yang dapat memberikan Ilmu Pengetahuan baik yang berkaitan dengan urusan duniawi maupun Ukhrowi dimana keberadaannya sejajar dengan SLTA.

 MA PERSIS 31 Banjaran, keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat di lingkungan Kecamatan Banjaran khususnya dan umumnya oleh masyarakat sekitar. Mereka berharap dengan menyekolahkan anaknya di MA, sedikit banyak dapat membantu peran orang tua dalam mendidik Putra Putrinya.

Kegiatan Belajar Mengajar yang diselenggarakan oleh MA PERSIS 31 Banjaran keberadaanya sangat membantu masyarakat dalam memenuhi tuntutan pengetahuan melalui jalur bidang pendidikan terutama pendidikan agama Islam, sehingga segenggam harapan terlahir dari hati nurani yang sangat dalam yang di motivasi oleh semangat belajar siswa/i serta simpati masyarakat sekitar, walau dalam kondisi ekonomi yang tak menentu, namun mereka tetap berupaya untuk dapat bersaing dalam dunia yang penuh tantangan .

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Ekstrakurikuler MTs

gszjffdgf

02/06/2020 22:03 - Oleh Admin - Dilihat 2795 kali
Struktur Organigram MTs

02/06/2020 22:01 - Oleh Admin - Dilihat 3830 kali
Profil Madrasah Tsanawiyah

Identifikasi Madrasah Nama Madrasah                  :  MTs.S PERSIS BANJARAN Alamat  &nbs

02/06/2020 21:57 - Oleh Admin - Dilihat 5367 kali
Fasilitas

1. Gedung 3 lantai 2. Kelas representatif 3. Laboratorium Komputer 2 ruang 4. Laboratorium Bahasa 1 ruang 5. Laboratorium IPA 1 ruang 6. Ruang Perpustakaan 7. Ruang aula / lapangan

19/05/2020 01:12 - Oleh Admin - Dilihat 1996 kali
Kurikulum

Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran MTs PERSIS Banjaran Kurikulum pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Persis Banjaran menggunakan KTSP dan K13 MTs. Persis Banjaran dipadukan dengan Kuri

12/05/2020 21:08 - Oleh Admin - Dilihat 3325 kali